Tuesday 5 March 2013

XXI Short Film Festival siap digelar untuk pertama kalinya


Festival Film Pendek

Untuk pertama kalinya, jaringan bioskop terbesar di Indonesia, Cinema 21, menyelenggarakan festival film pendek tingkat nasional, XXI Short Film Festival.

Festival film ini digelar selama empat hari, pada tanggal 21-24 Maret 2013
di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta. Selama empat hari, pecinta film dapat menyaksikan lebih dari 50 film pendek dari Indonesia dan manca negara, serta workshop seputar film pendek. Semua acara ini tidak dikenakan biaya, atau gratis.

Festival ini digelar untuk menampilkan karya-karya terbaik anak bangsa dalam bentuk film pendek. Selain itu, festival ini juga bertujuan untuk mencari bakat-bakat muda dalam film Indonesia yang akan menjadi kekuatan dunia perfilman di masa mendatang.

"Lewat festival film ini, Cinema 21 ingin menunjukkan kepeduliannya terhadap perkembangan film di Indonesia dengan menggali potensi generasi muda Indonesia yang ingin berkreasi lewat film pendek," ujar Catherine Keng dari pihak Cinema 21.

"Sebagai jaringan bioskop terbesar di Indonesia, kami melihat festival ini
merupakan ajang yang tepat untuk menjadi tolak ukur kualitas perkembangan film pendek Indonesia yang dapat ditayangkan untuk konsumsi masyarakat luas."

Adapun program festival ini dibagi dalam dua jenis pemutaran, yaitu program kompetisi dan non-kompetisi. Untuk program kompetisi, telah terpilih 29 finalis dari 730 pendaftar film, yang merupakan jumlah terbesar untuk pendaftaran kompetisi film pendek Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini. Seluruh finalis ini sudah diumumkan dalam acara media gathering tanggal 21 Februari lalu. Finalis-finalis ini terbagi dalam tiga kategori kompetisi, yaitu:

  • 10 (sepuluh) finalis film pendek fiksi naratif
  • 9 (sembilan) finalis film pendek animasi
  • 10 (sepuluh) finalis film pendek dokumenter

Seluruh finalis ini akan berkompetisi untuk mendapatkan penghargaan yang terdiri dari:

  • Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik
  • Film Pendek Animasi Terbaik
  • Film Pendek Dokumenter Terbaik
  • Film Pendek Fiksi Naratif Pilihan Media (Media Choice Award)
  • Film Pendek Animasi Pilihan Media (Media Choice Award)
  • Film Pendek Dokumenter Pilihan Media (Media Choice Award)
  • Film Pendek Pilihan Versi IFDC (Indonesia's Film Directors Club)
  • Film Pendek Favorit


Selain itu, seluruh film pemenang akan diputar dalam program khusus kompilasi pemenang 21 Short di layar bioskop Cinema 21.
Dewan juri yang akan menentukan pilihan film-film pendek terbaik ini terdiri dari:

  • Film pendek fiksi naratif: Hanung Bramantyo, Ifa Isfansyah, dan Lola Amaria
  • Film pendek animasi: Candra Endroputro, Hikmat Darmawan, Wahyu Aditya
  • Film pendek dokumenter: Abduh Aziz, Lulu Ratna, Vivian Idris


Selain itu ada juga juri media untuk kategori Media Choice Award, yang terdiri dari Yan Widjaya (senior media perfilman), Adrian Jonathan Pasaribu (kritikus film), Leila S. Chudori (wartawan senior), Timothy Marbun (pembawa berita dan reporter), dan Dr. Teguh Priyo Sadono (praktisi akademis bidang media).
Untuk program non-kompetisi, XXI Short Film Festival akan menayangkan dua program film pendek internasional hasil kerjasama dengan Rome Independent International Short Film Festival, Italia, dan kompilasi film internasional dari manca negara.

Selain program film pendek internasional, ada juga kompilasi film pendek Out of Competition, yaitu film-film pendek dari pendaftaran kompetisi XXI Short Film Festival yang kami rasa sangat layak untuk ditampilkan di layar lebar selama festival, meskipun tidak mengikuti kompetisi.

Di luar kedua program ini, kami juga akan memutar program retrospektif film-film pendek karya dua sutradara berbakat. Yang pertama adalah B.W. Purbanegara, sutradara spesialis film pendek dari Purbalingga yang sudah melanglang buana dan banyak mendapatkan pengakuan serta penghargaan dari sejumlah festival film dunia.

Yang kedua adalah Ifa Isfansyah, sutradara beberapa film ternama seperti GARUDA DI DADAKU dan SANG PENARI yang mengawali karirnya dengan film pendek dan masih aktif membuat film pendek sampai sekarang.

Selain program pemutaran, kami juga akan menghadirkan dua sesi workshop, yaitu Workshop Distribusi Film Pendek bersama praktisi bisnis perfilman dan penggiat komunitas film pendek, serta Rock Your Short!, yang merupakan workshop tentang bagaimana memberikan ilustrasi musik terhadap film pendek yang sedang dibuat.

Seluruh kegiatan pemutaran dan workshop ini akan dilakukan di Epicentrum XXI, pada tanggal 21-24 Maret 2013. Seluruh kegiatan XXI Short Film Festival ini gratis, dan cara menonton serta jadwal program dapat dilihat di www.21shortfilm.com mulai tanggal 4 Maret 2013.

Sampai jumpa dan selamat berfestival! (prl/dka)

Source: kapanlagi

0 comments:

Post a Comment

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...